Tesis

Kejadian Sindrom Kolon Iritabel Berdasarkan Kriteria Baru Roma IV Pada Mahasiswa Kedokteran dan Faktor-faktor Yang Berhubungan = The Prevalence of Irritable Bowel Syndrome Using Rome IV Criteria in Medical Student and The Related Factors.

Latar Belakang : Morbiditas sindrom kolon iritabel (SKI) cukup tinggi. Kondisi stress, seperti masa studi yang panjang, banyaknya ujian, dan tugas jaga saat rotasi klinik, menyebabkan prevalensi SKI pada mahasiswa kedokteran tinggi. Perlunya diketahui prevalensi SKI pada mahasiswa kedokteran dengan menggunakan kriteria baru Roma IV dan faktor-faktor yang berhubungan Tujuan : Mengetahui prevalensi SKI pada mahasiswa kedokteran dengan menggunakan kriteria Roma IV dan faktor-faktor yang berhubungan Metode : Studi potong lintang dilakukan terhadap 350 mahasiswa kedokteran Universitas Indonesia pada bulan November-Desember 2016, pemilihan berdasarkan stratified random sampling. Kriteria diagnosis yang digunakan adalah kriteria Roma IV. Analisis bivariat dilakukan terhadap faktor-faktor yang diteliti. Analisis bivariat menggunakan uji chi square, uji T tidak berpasangan, dan alternatifnya. Analisis multivariat menggunakan regresi logistik Hasil : Proporsi SKI pada mahasiswa perempuan sebesar 18,3% (15,4–21,2 IK 95%) dan proporsi pada mahasiswa laki-laki sebesar 9,7% (7,5-11,9 IK 95%). Subtipe SKI terbanyak adalah subtipe diare (53,1%). Skor student-life stress inventory pada mahasiswa dengan SKI lebih tinggi dibandingkan tanpa SKI, untuk skor stressor (66,4 {SB 11,4} vs 60,0 {SB 12,2}, p=0,001) dan skor respons terhadap stressor (64,0 {41-97} vs 55,0 {35-88}, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ardhi Rahman Ahani - Nama Orang
Ari Fahrial Syam - Nama Orang
Rudi Putranto - Nama Orang
Pringgodigdo Nugroho - Nama Orang

No. Panggil
T17101fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 93 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17101FKT17101fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kejadian Sindrom Kolon Iritabel Berdasarkan Kriteria Baru Roma IV Pada Mahasiswa Kedokteran dan Faktor-faktor Yang Berhubungan = The Prevalence of Irritable Bowel Syndrome Using Rome IV Criteria in Medical Student and The Related Factors.

Related Collection